Kamis, 28 Juli 2016

BUAH TIN GREEN YORDAN






“Demi tin dan zaitun” (95:1) ~ Surah At-tin.

Allah swt telah memberi petunjuk melalui ayat di atas mengenai kebermanfaatan yang diperoleh dari buah tin dan zaitun.

Buah tin termasuk golongan ficus dan memiliki banyak jenis di seluruh dunia. Tin atau bahasa latinnya ficus carica berasal dari Arab dan sudah ada semenjak 4000 tahun sebelum masehi. Saat ini pohon tin sudah banyak tumbuh dan dibudidayakan secara modern di banyak negara, termasuk di Indonesia. Di negara-negara Eropa buah tin dikenal dengan sebutan buah fig.

Buah tin dapat tumbuh di pot dengan diameter 45. Buah tin muda berwarna hijau. Buah tin muda ini bisa dikonsumsi sebagai olahan sayuran. Biasanya ditumis dengan dicampur daging. Buah yang matang dapat dikonsumsi secara langsung. Tekstur buah tin empuk. Rasanya manis dengan sedikit mengandung air dan berbiji banyak. Ada sensasi unik dari biji-biji kecil buah tin ketika mengkonsumsi buah ini.

Oya, daun buah tin juga bisa diolah menjadi teh. Dari beberapa kawan di peggemar tanaman, mereka merekomendasikan daun tin green yordan. Mereka bilang daun dari jenis buah tin ini sangat enak dikonsumsi sebagai teh. Tidak hanya daunnya, ternyata rasa buah tin green yordan ini juga lebih enak dibanding tin brown turkey (menurut saya loh :)).

Kebetulan di rumah saya memiliki beberapa jenis tin, seperti: green yordan, purple yordan, conadria dan brown turkey serta sultane. Beberapa saya beli melalui kawan di komunitas tanaman, nursery dan pameran tanaman. Yang sudah saya cicipi buahnya adalah brown turkey dan green yordan. Lainnya belum berbuah.

Buah tin favorit di rumah saya adalah green yordan :). Tidak seperti brown turkey yang manisnya sedang, rasa tin green yordan lebih manis legit. Manisnya pas. Namun pada panen kedua rasa manis itu sempat berkurang, mungkin karena saat itu sedang musim hujan. Tanda buah tin matang adalah ketika buahnya merunduk. Untuk green yordan warna buah matang adalah hijau muda.

Selain dikonsumsi langsung, buah tin juga bisa dibikin selai, jus, manisan kering atau kaleng dan lain-lain.

Open Order :
Buah Tin Green Yordan Ukuran Panjang 40 Cm – 45 Cm


Info Lebih Lanjut Silahkan Hub :
WhatsApp : 083825465987WA
YOUTUBE : https://www.youtube.com/channel/UCgFz8hTWVxTeMH77AulnRkg

Email : lamtoroagung123@gmail.com
Facebook : https://www.facebook.com/ganda.kurniawan.1612
Twitter : https://twitter.com/flora_nursery

Tidak ada komentar:

Posting Komentar